Sosialisasi Pengelolaan Lazismu Daerah Cilacap

muhammadiyahwanareja.web.id – Pengurus Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Cilacap melakukan kunjungan ke Cabang Muhammadiyah Wanareja Ahad (14/11/2021), kunjungan tersebut dalam rangka sosialisasi pengelolaan dana Ziska ke cabang – cabang Muhammadiyah se kabupaten Cilacap untuk mewujudkan kesepahaman kepada seluruh Pimpinan Persyarikatan di semua Tingkat Pimpinan Muhammadiyah, tentang mengelola dana ZISKA satu atap.

Kegiatan sosialisasi yang bertema Internaslisasi dan Aktualisasi Gerakan Zakat Muhammadiyah ini dilaksanakan di aula SMP Muhammadiyah 1 Wanareja dihadiri oleh semua unsur pimpinan dari tingkat cabang sampai ranting, ketua ortom, kepala AUM dan undangan sesepuh Muhammadiyah maupun Aisyiyah Wanareja. Hadir dari Pengurus Lazismu Cilacap Sapto Giri Haryoto, SE Badan Pengawas Lazismu Cilacap, Muh Shobirin, S.Pd.I, S. Budi Handoyo, ST dan Siswanto

Sapto Giri Haryoto, SE menyampaikan bahwa LAZISMU adalah lembaga zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, wakaf dan dana, keberadaan lazismu di Kabupaten / Daerah sedangkan pada tingkat Kecamatan / Cabang adalah Kantor Layanan yang sering disebut KL Lazismu, ia berharap adanya kesepahaman dan dukungan yang optimal terhadap pengelolaan keuangan satu atap agar pengelolaan maupun pendayagunaannya lebih maksimal, karena Lazismu sebagai lembaga amil zakat resmi nantinya juga akan di audit baik oleh  Badan Pengawas Lazismu Pusat maupun Lembaga audit eksternal.

Kantor Layanan yang dimiliki oleh Lazismu Daerah Kabupaten Cilacap sekarang ada 18 KL :

  1. Kantor Layanan Majenang
  2. Kantor Layanan Wanareja
  3. Kantor Layanan Caruy
  4. Kantor Layanan Cimanggu
  5. Kantor Layanan Karangpucung
  6. Kantor Layanan Kedungreja
  7. Kantor Layanan Gandrungmangu
  8. Kantor Layanan Bantarsari
  9. Kantor Layanan Kawunganten
  10. Kantor Layanan Jeruklegi
  11. Kantor Layanan Tritih Wetan
  12. Kantor Layanan Cilacap Utara
  13. Kantor Layanan Cilacap Tengah
  14. Kantor Layanan Cilacap Selatan
  15. Kantor Layanan Sampang
  16. Kantor Layanan Kroya
  17. Kantor Layanan Binangun
  18. Kantor Layanan Adipala, diharapkan yang lain dapat menyusul

Sedangkan Muh Shobirin, S.Pd.I selaku dewan syariah menyampaikan bahwa menjadi Amil Zakat harus memahami dasar hukum kewajiban membayar zakat (menyebutkan QS. At Taubah ayat 103)   kemudian menjelaskan secara rinci arti doa menerima zakat Ajarokallahu fiimaa a’athoita wa baaraka laka fiimaa abkoita waj’alhu laka thohuur.

yang artinya: “Mudah-mudahan Allah memberi pahala atas apa yang engkau berikan, memberikan berkah atas apa yang masih ada di tanganmu dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu”

Kegiatan sosialisasi semakin hidup ketika dibuka sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan acara foto bersama di halaman Aula  SMP Muhammadiyah 1 Wanareja.