KBIH AL MABRUR CILACAP ADAKAN MANASIK HAJI 2020

muhammadiyahwanareja.web.id – Sebanyak 182 calon jamaah haji (calhaj) Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Muhammadiyah (KBIH) Al Mabrur Kabupaten Cilacap yang terbagi dalam 4 rombongan melaksanakan praktek manasik haji di Benteng Van Der Wijck Gombong, Sabtu – Ahad  (22-23/2/2020).

Pada hari pertama dalam perjalanan dari cilacap menuju gombong peserta singgah di Masjid Al Fath Rowokele untuk melaksanakan simulasi praktek memakai pakaian ihrom dan miqot haji, kemudian melanjutkan perjalanan ke gombong menuju pemondokan yang telah disediakan dibawah koordinasi Karu dan Karom, dan setelah istirahat dilanjutkan melaksanakan raktek Umroh dilokasi Benteng Van Der Wijck.

Kegiatan Manasik dihadiri H. Kuswan Hassan, SE. ST Ketua PDM, H. Farid Ma’ruf, ST. MM Setda Kabupaten Cilacap yang juga sebagai bendahara pimpinan daerah muhammadiyah kabupaten cilacap, pembimbing dan pengurus distrik sebagai pendamping kegiatan.

Malam harinya setelah makan malam bersama diadakan kegiatan ceramah dan dialog seputar pelaksanaan haji, Pimpinan Daerah Muhmmadiyah Kabupaten Cilacap Kuswan Hassan, SE, ST dalam sambutannya menyampaikan “Saya atas nama pimpinan daerah muhammadiyah kabupaten cilacap berterima kasih atas kepercayaan saudara saudara dan ini tidak akan kami sia siakan, maka nanti manakala ada urusan ibadah yang tidak sama dengan angan angan saudara, pak sapto dan pak kholis dua orang yang akan mendampingi sauadara sudah ada rujukannya, ikutilah kalau kepengin mabrur”

Pada hari ke dua prosesi praktek haji menggunakan sejumlah fasilitasi mulai dari Benteng Van Der Wijck (sebagai Mekah), dan beberapa lapangan yang tempatnya berjauhan digambarkan sebagai Mina, Arofah, Musdalifah dan Jamarot. Dalam pelaksanaan praktek haji semua Calon Jamaah Haji dari pemondokan diangkut dengan kendaraan menuju Mina, Arofah, Musdalifah untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya, setelah kembali ke Mina semua jamaah berjalan kaki menuju jamarot untuk melempar jumroh dan seterusnya sampai towaf wada.

Praktek haji berjalan lancar tertib, yang sakit difasilitasi becak oleh panitia dan setelah sesi foto bersama kegiatan ditutup oleh ketua KBIH Al Mabrur H. Bambang Misgiyanto.