TK Aisyiyah Wanareja Gelar Upacara Memperingati Satu abad TK ABA

Bypcm

TK Aisyiyah 1 bersama TPA Kuncup Melati Aisyiyah Wanareja dalam rangka memperingati Satu abad TK ABA gelar upacara dihalaman sekolah TK Aisyiyah Wanareja (4/9/19).

Upacara pengingatan milad seabad TK ABA, yang bertema “BERKHIDMAT UNTUK NEGERI”, yang dipimpin oleh Retnoningsih, S.Pd selaku Komandan upacara diikuti juga oleh Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah, Sesepuh Aisyiyah, Majelis Dikdas Aisyiyah, Komite Sekolah dan semua Wali Murid TK Aisyiyah 1 dan TPA Kuncup Melati Aisyiyah Wanareja.

Ketua Aisyiyah Wanareja Asih Indriyati, SE  selaku Pembina upacara dalam sambutannya menyampaikan “terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan sumbangsih besar dan mempercayakan mendidik anaknya lewat Aisyiyah yang menjadikan Pendidikan Anak Usia Dini Aisyiyah semakin besar, tanpa sumbangsih masyarakat wali murid tidak akan sampai TK ABA berdiri hingga 100 tahun, harapan kedepan kita semakin serius dalam menangani pendidikan dasar anak di usia Emas nya, karena pendidikan usia emas tersebut sangat penting dilakukan pembinaan sejak awal, yang akan membentuk karakter anak selain pendidikan di rumah”

“Membicarakan pendidikan usia dini di Indonesia, kita tidak bisa melupakan peran besar Nyai Ahmad Dahlan yang sejak tahun 1919 merintis berdirinya pendidikan usia dini di Kauman, Yogyakarta. “Pada saat itu, Nyai Ahmad Dahlan terinspirasi dengan konsep pendidikan froebel yang dijalankan oleh Belanda untuk anak anak balita mereka” Nyai Ahmad Dahlan telah menerapkan prinsip perlindungan anak pada penyediaan pendidikan bagi anak-anak, tidak hanya anak laki-laki yang diberi kesempatan untuk mendapatkan pendidikan, tapi anak perempuan pun diberikan akses yang sama. Padahal saat itu pendidikan masih menjadi “milik” laki-laki. Selanjutnya pendidikan usia dini yang dirintis Nyai Ahmad Dahlan itu diberi nama Froebel Kindergarten ‘Aisyiyah. Nama Froebel Kindergarten ‘Aisyiyah kemudian hari berubah nama menjadi ‘Aisyiyah Bustanul Atfal yang artinya taman bermain anak Aisyiyah”. Ungkap Listiyani Hadi, S.Pd kepala TK Aisyiyah Wanareja dalam memberikan sambutan khusus tentang selayang pandang sejarah TK ABA.

Upacara memperingati satu abad TK Aisyiyah Bustanul Athfal diakhiri dengan doa yang dipimpin oleh Mukhawanah, S.Pd kepala TPA Kuncup Melati Aisyiyah dan dilanjutkan dengan pelepasan Balon yang bertuliskan 100 tahun TK Aisyiyah oleh Asih Indriyati, SE ketua PCA Wanareja bersama Hj. Siti Aisah Sesepuh Aisyiyah, Suprapti, S.Pd dan Tri Sudarmi, S.Pd dari Majelis Dikdas Aisyiyah Cabang dan Yatiman, S.PKP selaku Komite sekolah dihadapan Murid TK, TPA dan Wali Murid. (sm.01)

 

Pelaksanaan Upacara Peringati 1 Abad TK Aisyiyah

pcm