MPKU Cilacap Adakan Pelatihan Rekam Medis Dasar dan Informasi Kesehatan

MPKU Pimpinan Daerah Muhammadiyah Cilacap menggandeng PORMIKI (Perhimpunan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia)gelar Pelatihan Rekam Medis Dasar dan Persiapan Implementasi Sistem Informasi Kesehatan, pada 27 – 28 Juli 2019 di Sampang Cilacap.

Pelatihan diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari tenaga kesehatan dan juga tenaga non kesehatan di lingkungan kerja MPKU PDM Cilacap, perwakilan dari PKU Kroya, PKU Sampang, PKU Cilacap Selatan, PKU Adipala, PKU Wanareja, PKU Majenang, PKU Gandrung dan juga calon PKU Maos dan MPKU PDM Cilacap.

.Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen yang berisikan identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan yang telah diberikan kepada pasien. Dengan banyak aspek yang dimiliki maka pengelolaan manajement sangat diperlukan dalam pengelolaan klinik khususnya Klinik – klinik PKU Muhammadiyah  di cilacap dengan tujuan untuk meningkatkan layanan dibidang rekam medis, kata Hanafi Masyihud ketua MPKU PDM Cilacap menyampaikan tujuan diadakannya pelatihan bersama.

.Ketuai pormiki DPC Cilacap Sri Erawati, AMd.PK, S.Kom, MPH menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan pelatihan ini diharapkan peserta mampu :

  1. Memahami rekam medis dan manajemen unit rekam medis
  2. Memahami aspek hukum rekam medis
  3. Memahami alur dan prosedur penyelenggaraan rekam medis di klinik TPPRJ; TPPRI; dan TPPGD
  4. Memahami sistem penomoran dan penamaan rekam medis
  5. Memahami sistem penyimpanan dan penjajaran dokumen rekam medis
  6. Memahami sistem peminjaman, retensi, dan pemusnahan dokumen rekam medis
  7. Memahami pengantar klasifikasi penyakit (ICD 10) dan mengkoding ICD 10
  8. Memahami struktur pelayanan dan pola tarif
  9. Memahami start up sistem informasi kesehatan

.Adapun rencana tindak lanjut dari kegiatan yang di adakan di sampang bersama PORMIKI itu adalah

  1. Sistem Penomoran RM (Unit Numbering: Satu Pasien Satu Rekam Medis)
  2. Sistem Penamaan (Identitas Pasien)
  3. Sistem Penyimpanan RM (Sentralisasi: Penyatuan Penyimpanan RM)
  4. Sistem Penjajaran (Terminal Digit Filing: Sistem Penomoran Akhir)
  5. Formulir RM Dan Folder
  6. Struktur Pola Tarif Dan Komponen Tarif
  7. Alur Dan Prosedur Pelayanan (RI, RJ, IGD)
  8. Kartu Berobat,
  9. Standarisasi Penamaan Item Obat (E-Katalog)

(Arsyadani)