874 Relawan Muhammadiyah Ikuti LATGAB Ke 5 MDMC Jawa Tengah

Sebanyak 874 Relawan Muhammadiyah Jumat (28/9) mengikuti Apel Pembukaan Latihan Gabungan (Latgab) ke 5 MDMC Jawa Tengah di alun alun kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap.

.Apel Pembukaan yang melibatkan grup drumband dari SMP Muhammadiyah 1 Wanareja, Regu Koor Bahana Aisyiyah Wanareja, Tapak Suci dan Kokam,  dipimpin oleh Drs. Farid Ma’ruf, MM Setda Kabupaten Cilacap, sekaligus membuka dengan disambut tepuk tangan peserta dan bunyi sirine ambulance menandai kegiatan Latgab yang akan berlangsung dari tanggal 28-30 September 2018 dimulai.

.“ Kegiatan Latihan Gabungan ini diharapkan dapat memningkatkan kemampuan Relawan Muhammadiyah dan mengedukasi warga masyarakat dalam pentingnya penanggulangan bencana. Saya menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Muhammadiyah, termasuk keluarga besar Muhammadiyah di Kabupaten Cilacap yang senantiasa mengambil peran terdepan dalam setiap pelaksanaan program pembangunan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat” kata Drs. Farid Ma’ruf, MM dalam amanat pembina apel.

.Sedangkan H. Naibul Umam Eko Sakti, S.Ag, M.Si, Ketua LPB MDMC Pimpinan Wilayah Jawa Tengah dalam laporan penyelenggaraan kegiatan latgab menyampaikan “Lembaga Penanggulangan Bencana atau MDMC telah menjalankan kiprahnya sejak tahun 2010 yang hingga saat ini ribuan relawan Penanggulangan Bencana Muhammadiyah telah tumbuh di 35 Kabupaten/Kota di Jawa tengah, Latihan Gabungan kali ini mengambil tema One Muhammadiyah One Response, melibatkan Relawan yang berasal dari berbagai elemen Muhammadiyah baik Organisasi Otonom maupun Amal Usaha Muhammadiyah. Ia juga menyampaikan Latgab kali ini akan melakukan Uji Praktek Simulasi Penangan Darurat Bencana Banjir di Desa Sidamulya dan Uji Praktek Simulasi Penanganan Bencana Longsor di Desa Wanareja, yang akan diikuti oleh 874 berasal dari 39 kontingen dari seluruh Jawa Tengah termasuk Relawan dari beberapa organisasi yang ada di Kabupaten Cilacap antara lain BPBD Cilacap, Dinas Sosial, Linmas, RAPI, Relawan MTA, BAGANA, Banyumas Rescue, Senkom Mitra POLRI, TAGANA, dan PARMA”

.Hadir pada acara apel pembukaan latgab Ir. H Budi Setiawan Ketua MDMC PP Muhammadiyah, Prof H. Daelami PWM Jateng, H. Kuswan Hassan, ST, SE Ketua PDM Cilacap, Ketua PCM Wanareja, Majenang dan Dayeuhluhur, Kepala BPBD, Forkompimcam, Paguyuban Kepala Desa dan Kepala Instansi di Kecamatan Wanareja.

Jpeg

Latihan Gabungan ke 5 kali ini yang melibatkan sekitar 200 relawan sebagai panitia dan  dukungan penuh dari seluruh PCM maupun person person Warga Muhammadiyah se Kabupaten Cilacap dan sinerginya element Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wanareja yang berketempatan, juga melibatkan kurang lebih 100 KK dari warga desa Sidamulya dan Wanareja sebagai pengungsi selama 2 hari, merupakan Latihan Gabungan terbesar dari latgab latgab sebelumnya.

.

Apel ditutup dengan Tausiah dari Prof H. Daelami Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, ia berpesan dengan memetik ayat Al Qur’an dan mengartikannya “Jangan hendaknya kebencian segolongan kamu kepada kelompok yang memusuhi kamu, menjadikan kamu berbuat kedaliman, tapi tolong menolonglah kamu dalam kebaikan dan kesalehan” ayat ini adalah ayat inspirasi mengapa Muhammadiyah mendirikan Lembaga Penanggulangan Bencana. Ketidak senangan seseorang kepada orang lain tidak boleh menjadi penyebab ia tidak mau menolong. (sm.01)