KBIH Al Mabrur Cilacap Gelar Manasik Bersama di Benteng Van Der Wijck

Bypcm

Sebanyak 136 Calon Jamaah Haji yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Al Mabrur Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Cilacap mengikuti kegiatan simulasi pelaksanaan ibadah haji yang merupakan rangkaian bimbingan manasik haji yang terakhir di Benteng Van Der Wijck Gombong 14 s.d 15 April 2018.

.Benteng Van Der Wijck Gombong, yang mempunyai luas  3.606 m2 dan tinggi 9,67 m, memiliki halaman yang luas ditengah tengah dikelilingi bangunan dan tembok melingkar, seolah sebagai miniatur Mekah, diharapkan dapat  menjadikan gambaran yang sesungguhnya dalam pelaksanaan haji, tempat ini setiap tahunnya selalu dipilih oleh KBIH Al Mabrur Kabupaten Cilacap untuk mengahiri Praktek Manasik Haji.

.Jamaah Al Mabrur star dari masing masing distrik bervariasi, jamaah yang dari Dayeuhluhur yang paling jauh jaraknya harus berangkat lebih awal jam 05.00, Wanareja, Majenang, Sidareja  06.30, Cilacap kota 08.00, distrik Kroya 08.30, semua menuju tempat transit yang ditentukan panitia yaitu di masjid KUA Tambak.

.Jam 10.00 setelah karu, karom dan jamaah diberi pangarahan persiapan praktek umroh di Masjid KUA Tambak,  jamaah berganti pakaian umroh dan setelah simulasi miqat dengan mengumandangkan Talbiyah sebanyak 39 mobil konvoi seolah pelaksanaan haji yang sebenarnya berangkat ke Benteng Van Der Wijck Gombong yang berjarak 14 km dari Tambak dan memerlukan waktu + 24 menit untuk sampai lokasi.

.Wawan Setiawan Sekretaris KBIH Al Mabrur mengatakan, simulasi atau praktek manasik ini merupakan miniatur pelaksanaan ibadah haji. Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari Sabtu dan Ahad dengan rangkaian kegiatan dari miqat, pembagian kamar hotel, umroh, armina sampai thawaf wada’, dengan harapan simulasi ini dapat memberi pemahaman akan pelaksanaan ibadah haji kepada calon jamaah Al Mabrur.  Dalam pelaksanaan simulasi ini dilakukan oleh seluruh tim yang diintegrasikan penempatannya pada masing-masing daker, antara lain Pembimbing : H. M. Sobirin, S.PdI, H. Jumino, S.PdI, Drs. H Khalimi, AM. MM, Petugas Lapangan, Masjid Al Haram : H. Jamaludin Usman, H. Subarman. Mina (Pemondokan) : H. Yulianto S, H. Daruno Wahyu W Mina (Jamarot) : H. Sigit Prayogo, SE, Heri Kuswanto, ST Arafah : H. Wawan Setiawan, SE, Muhajir, S.PdI Muzdalifah : H. Fauzan, S.Pd, H. Kuat Sartono Penanggung jawab Rombongan 1 : H. Daruno, WW, H. Subarman. Rombongan 2 : Drs. H Sagimin, H. Ngadiman Wahdi Rombongan 3 : H. Djumali, BA, H. Sholehan, Perlengkapan : H. Bambang Misgiyanto, H. Sigit Payogo, SE, H. Haris Junaedi, H. Fauzan, S.Pd, Pendamping : H. Subarman, H. Wasiyo, H. Karjono, Drs. H Sumardi, Pr.

Calon jamaah haji disrankan untuk tidak meremehkan kegiatan manasik, langkah awal dalam menggapai haji mabrur adalah meluruskan motivasi (niat) dan menanamkan keikhlasan serta ketawakkalannya semata-mata karena Allah SWT, lakukanlah haji sesuai sabda Rosulullah : “Laksanakanlah haji sebagaimana aku melakukannya.” Kata H. Kuswan Hasan Ketua PDM Kabupaten Cilacap dalam sesion Ibadah Praktis, Dialog dan Tanya Jawab. Pada kesempatan itu ketua PDM yang hadir bersama H. Sutioko Warsad, SE Bendahara PDM Cilacap juga mengenalkan Hamidan Majdi, SH wakil sekretaris PDM Cilacap yang Insya Allah pada tahun ini diberangkatkan sebagai Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD) dapat membantu jamaah haji di Tanah Suci bersama H. Muhammad Shobirin, S.PdI selaku Pembimbing dari KBIH Al Mabrur.

.Kegiatan simulasi / praktek manasik berjalan dengan lancar sesuai jadwal yang ditentukan panitia dan diakhiri dengan pesan pesan dari tim pembimbing dan foto bersama didepan benteng van der wijck. (al mabrur)

Jamaah Al Mabruru angkatan 2018 Praktek Tawaf di Gombong
Jamaah Al Mabruru angkatan 2018 Praktek Tawaf di Gombong

pcm