SMP Muhammadiyah 1 Wanareja Praktek Manasik Haji

img-20180224-wa0048

Sabtu 24 Februari 2018, siswa siswi kelas 9 beserta dewan guru SMP Muhammadiyah 1 Wanareja melaksanakan kegiatan praktek manasik haji. Bagi siswa praktik manasik haji ini bertujuan sebagai sarana peningkatan ibadah dan mempraktikan materi pelajaran yang telah diterima di kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk pengamalan ibadah sesuai tuntunan Rasulullah SAW.

.Kegiatan praktek dilaksanakan dan diamalkan sesuai layaknya pelaksanaan haji, siswa benar-benar diajarkan sesuai dengan rukun-rukunnya, memakai pakaian ihram dan menutup aurat.

.Kegiatan yang bertujuan memberikan pengenalan tetang haji ini menjadi salah satu kegiatan unggulan SMP Muhammadiyah 1 Wanareja di dalam mempraktikan materi yang telah diajarkan dan menjadikan pengalaman yang luar biasa untuk siswa dalam mendalami ibadah sesuai dengan rukun Islam, kata kepala sekolah SMP Muhammadiyah 1 Wanareja Moh Geri Saeful Hayat, S.Pd

a-mns

Manasik haji adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji, siswa dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, dari rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu, siswa juga diajarkan bagaimana cara melakukan praktik tawafsa’iwukuflempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

.Kegiatan manasik haji ini dibimbing oleh H. Djumali, BA pembimbing Haji KBIH Al Mabrur, dengan harapan adanya Outingclass ini siswa lebih memahami tata cara memakai baju ihram dan tata cari haji. Semoga kelak kita segera mendapat panggilan ke Baitullah. Amin.