SMK Muhammadiyah Wanareja Support OTD Cibaganjing Dibawah Bendera MDMC

Bypcm

Relawan Muhammadiyah Warnai Operasi Tanggap Darurat (OTD) Banjir Cibaganjing,  banjir yang beskala nasional melumpuhkan aktivitas warga Margasari, tepatnya RT 01,02,03 RW 09 Desa.Madura, Kec.Wanareja, mengakibatkan 89  rumah terendam air hingga rata-rata 50 – 170 cm ini menjadikan BPBD mengeluarkan SK operasi tanggap darurat selama 7 hari.

.Sterilisasi sumber air bersih sebanyak 61 sumur terendam, sebagai upaya rehabilitasi / pemulihan pasca bencana dilakukan oleh MDMC Cilacap yang diwakili oleh personil wilayah barat wanareja dan majenang menangani sedot sumur, ini inisiatif MDMC kerjasama dengan damkar majenang kata Hendi Karyana sekretaris MDMC Cilacap.

.Diantara mengalirnya bantuan dari masyarakat yang kebanyakan berupa makanan, SMK Muhammadiyah Wanareja hadir memberikan bantuan tenaga dengan mengirim 31 anak dan 6 guru pembimbing ikut membantu pembenahan tanggul yang jebol.

.Kami ingin menanamkan rasa kepedulian sosial yang tinggi  sekaligus memberikan sebuah pembelajaran kesetiakawanan,  disiplin, kerja keras, kerja cerdas dan kerja iklas lewat bakti sosial ini, dan juga dapat memberikan pemahaman terhadap guru  pendamping tentang pendidikan karakter, pendidikan yang sesungguhnya, ini sangat pas disisi lain Islam juga memerintahkan dalam surat At-taubah ayat 105, kata Tety Kusumaningsih, S.Ag Kepala SMK Muhammadiyan Wanareja.

Kegiatan OTD (foto mdmdc)
Kegiatan OTD (foto mdmdc)

Hadir pada kegiatan OTD Dra.Andi Eviana,M.Si.  Kasubdit Penempatan Pengungsi  Direktorat Penanganan Pengungsi Kedeputian Bidang Penanganan Darurat BNPB meninjau langsung aktivasi Posko dan lokasi bencana.

.Pada acara penutupan hadir Camat Wanareja, Kalak BPBD Cilacap dan jajarannya,  Bp. Martono Kabid Tanggap Darurat, UPT BPBD Majenang, Danramil, Kapolsek. Kepala Puskesmas Wanareja, Pemerintah Desa Madura, MDMC Cilacap dan Masyarakat setempat.

.Di hadapan Relawan Muhammadiyah.Tri Komara Sidhi Pelaksanan Harian BPBD Cilacap dalam penutupan OTD memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada relawan MDMC Cilacap yang tak kenal lelah membantu full pelaksanaan OTD selama 7 hari, dibawah komando langsung wakil ketua MDMC Cilacap Muklis, SE yang juga anggota tanggap darurat MDMC Jawa Tengah, begitu juga ucapan selamat dan terimakasih disampaikan kepada kepala sekolah, guru pembimbing dan siswa siswi SMK Muhammadiyah Wanareja, inilah pendidikan praktek, pendidikan karakter yang sebenarnya, kata beliau.(surya.01)

pcm