MDMC Jawa Tengah tunjuk Banyumas dan Cilacap Assessment Pangandaran

Bypcm

MDMC Wilayah Jawa Tengah kirim  team assessment tanggap darurat ke pengandaran yang dipercayakan  mdmc banyumas dan wanareja mewakili cilacap untuk assessment bencana angin puting beliung dan banjir yang melanda pangandaran dan sekitarnya. Koordinasi  team di sekretariat mdmc wanareja membahas kajian kebutuhan bencana pengandaran dan team assessment bidang tanggap darurat jawa tengah menetapkan  titik sasaran wilayah kajian adalah Kecamatan Padaherang , Kecamatan Langkaplancar, Kecamatan Cigugur, Kecammatan Sidamulih, Kecamatan Pangandaran, Kecamatan Kalipucang, Kecamatan Cijulang, Kecamatan Cimerak, Kecamatan Parigi.

Nara sumber yang dapat ditemui :

Lokasi Kejadian : Kecamatan Padaherang

Nara sumber : Kurliaman kasubag umum kecamatan

Jenis Bencana: Banjir Bandang

Lokasi Kejadian : Kecamatan Langkaplancar

Nara sumber : Eman Jaka Rukmana kasubag keu kecamatan

Jenis Bencana: Longsor kecil perlokal area

Lokasi Kejadian : Kecamatan Cigugur

Nara sumber : Lilis Kusumawati Dra,MSi. camat cigugur

Jenis Bencana: Banjir

Lokasi Kejadian : Kecammatan Sidamulih

Nara sumber : Bp Undang ( Anggota pimp pdm pangandaran)

Jenis Bencana: Banjir

Lokasi Kejadian : Kecamatan Pangandaran

Nara sumber : Dili Suryadi  ketua pokmas desa Babakan

Dayat kadus desa sukahurip

Jenis Bencana: Banjir

Lokasi Kejadian : Kecamatan Kalipucang

Nara sumber : Warga

Jenis Bencana: Banjir

Lokasi Kejadian : Kecamatan Cijulang

Nara sumber : Warga

Jenis Bencana: Banjir

Lokasi Kejadian : Kecamatan Cimerak

Nara sumber : Warga

Jenis Bencana: Banjir

Lokasi Kejadian : Kecamatan Parigi

Nara sumber : Kepala desa karang jaladri dan Tokoh Masyarakat

Jenis Bencana: Angin Puting Beliung

.

Assessment yang telah dilaksanakan adalah sebagai kajian terhadap keadaan atau akibat bencana yang sebenarnya sebagai bahan pemetaan untuk respon bencana  mdmc jawa tengah. “Kami koordinasi dengan mdmc Jawa Barat dan kajian ini juga telah disampaikan kepada mdmc jawa barat melalui saudara Eko dan mas Adi” kata Mukls SE dari team assessment mdmc wilayah Jawa Tengah.

Rekomendasi Assessment 1 direspon mdmc Jawa barat dan ditindak lanjuti oleh mdmc jawa barat untuk assessment ke 2 yaitu assessment Trauma healing yang dipimpin oleh Ibu  Nandini dosen Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Assessment Trauma healing dilakukan untuk kajian terhadap tindakan yang dilakukan untuk membantu mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis akibatkan syok atau trauma barangkali diperlukan.

Terkait hasil kajian ini, team juga telah menyampaikan kepada Bp Undang  Anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pangandaran dan dia menyampaikan “ Muhammadiyah harus berbuat sesuatu untuk support bencana pengandaran, dan PDM menyiapkan tempat sma muhammadiyah pangandaran manakala mdmc membutuhkan posko”

Karena jalur banjar pengandaran terputus dengan adanya jembatan yang ambruk setelah assessment padaherang dan langkaplancar perjalanan team assessment ke pangandaran melalui jalur manonjaya, gunung tanjung, tasikmalaya.

.

whatsapp-image-2016-10-19-at-14-04-58-1

pcm